Pentingnya Penggunaan Suncare / Sunscreen

Oleh admin | 06 Maret 2020 09:09:40
gambar

PENTINGNYA PENGGUNAAN SUNCARE

Di indonesia pakai suncare wajib ya darl, jangan mau diiming-imingin dengan alibi cantik natural tanpa cream dan sebagainya, apalagi cuma disabun aja emang bisa menangkal sinar uv, panas lampu, panas kompor, debu dsb..? Percuma ya wajahnya digosok sampai berbusa kental juga kalo ga disuncare ya sama aja bohong darl.. :)

Penggunaan suncare itu minimal spf 15, pada produk MySAS sudah ber-spf 30, sayangi kulitmu ya darl, suncare jg wajib per 3jam sekali dioles, mending rajin ngoles ya daripada rajin gosok-gosok wajah begitu aja malah makin parah darl, sory no baper ya cantik.. :)

Lalu apasih manfaat penggunaan Suncare itu..?

Sinar Ultraviolet (UV) adalah sinar tidak tampak yang merupakan bagian energi yang berasal dari matahari. Sinar UV dapat membakar mata, rambut, dan kulit jika bagian tubuh tidak dilindungi, atau jika kamu terlalu banyak terkena sinar matahari. Bahaya dari sinar UV yang sering kita dengar salah satunya adalah rentan terkena kanker kulit. Namun, sebelum itu terjadi, kulit akan mengalami proses kerusakan secara bertahap, di antaranya adalah penuaan sebelum waktunya.

Perempuan terlihat lebih tua dari usianya

Kasus yang sering terjadi pada perempuan adalah usia kulit lebih tua dari usia sebenarnya. Misalnya, A berusia 25 tahun, namun usia kulit tubuh atau wajahnya sudah berusia 35 tahun. Walaupun rutin melakukan perawatan kulit namun tidak dibarengi dengan menggunakan sunscreen, tidak akan menjaga kesehatan kulitmu dengan maksimal.

 

Sering beraktivitas di bawah sinar matahari tanpa pelindung kulit, akan menyebabkan kulit lebih cepat mengalami penuaan. Kulit jadi cepat berkerut dan timbul bercak-bercak hitam yang kita kenal sebagai flek hitam. Sinar UV juga bisa membuat kulit tidak mulus karena menebal atau menipis. Bisa juga muncul benjolan-benjolan kecil yang ukurannya bervariasi. Benjolan-benjolan atau flek pada kulit bisa berkembang menjadi tumor jinak bahkan kanker kulit. Khususnya pada orang yang banyak bekerja di bawah terik matahari atau sering berjemur di pantai.

 

Tidak heran bila bintik awal kanker kulit timbul di bagian tubuh yang terbuka seperti wajah, kepala, tangan dan bagian yang banyak terpapar sinar matahari. Sinar Matahari tidak sepanjang hari merusak kulit, sebelum pukul 09.00 pagi justru penting untuk tulang. Kita justru harus waspada pada pancaran sinar yang berlangsung sejak pukul 09.00-15.00, karena di sinilah waktu sinar matahari mengandung sinar UV yang dapat merusak kulit.

 

Bagaiamana dengan aktivitas di dalam ruangan? Penggunaan sunscreen apakah dibutuhkan? Meski di dalam ruangan, bukan berarti kulit tidak bisa terkena matahari, karena sinar UV dapat menembus kaca jendela. Meskipun matahari merupakan salah satu sumber vitamin D yang besar, namun tetap memiliki dampak negatif jika kulit tidak terlindungi dengan tepat. Untuk itu, penggunaan sunscreen sangat penting digunakan agar terhindar dari masalah-masalah kulit seperti di bawah ini darl..

 

1. Kulit Kasar

Sinar matahari menembus dan merusak sel-sel kolagen yang terdapat pada kulit. Hal ini yang menyebabkan kulit menjadi kasar dan kering. Sinar matahari juga menyerap kelembapan kulit dan mengakibatkan kulit kehilangan kelembutannya. Ketika kolagen rusak, butuh waktu berbulan-bulan hingga bertahun dapat mengembalikan seperti semula.


2. Kerutan

Hal ini merupakan salah satu efek paparan sinar matahari yang sering terjadi pada kulit kita. Ketika kolagen rusak, kulit kehilangan kelembapan dan kelembutannya, sehingga timbul kerutan pada kulit. Yang lebih mengejutkan lagi adalah 75 hingga 80 persen penuaan dini pada kulit disebabkan karena efek dari sinar matahari.


3. Flek Hitam

Ketika kulit terkena paparan sinar matahari, sel-sel melanosit memproduksi melanin, yaitu pigmen yang menghasilkan flek pada kulit, dan jika tidak diatasi dengan cepat dapat menyebabkan kulit menjadi terbakar dan menimbulkan flek hitam.


4. Kulit Terbakar

Berada terlalu lama dibawah sinar matahari dapat menyebabkan kulit menjadi merah atau terbakar. Ini terjadi karena sinar UV membakar sel-sel kulit baru yang berada pada lapisan terluar kulit.


5. Komedo

Selain karena pengaruh produk makeup yang tidak sesuai di wajah, paparan sinar matahari yang berlebih juga dapat menimbulkan komedo. Hidung dan dahi adalah area yang rentan dengan munculnya komedo. Selain memaksimalkan perlindungan kulit dengan menggunakan sunscreen, ada baiknya melindungi area kepala dengan menggunakan topi juga ya darl.. :) 




MySAS
MySAS Skincare
Distributor Pusat MySAS

Produk Terbaru

MySAS Skincare

Hubungi Kami